Ads Here

Minggu, 25 Maret 2018

Ciri-Ciri Tumbuhan/Buah Yang Dapat Dimakan Atau Tidak


1.Getah = Tidak Bisa Dimakan
Baik buah atau tanaman dihutan yang mengeluarkan getah sebaiknya jangan dimakan. Karena tumbuhan atau buah yang memiliki getah fungsinya bukan untuk dimakan melainkan mempunyai fungsi lain. Jadi hindari tanaman atau buah buahan yang bisa mengeluarkan getah.

2.Warna Tidak Mencolok = Bisa Dimakan
Jika kita menemukan tanaman atau pun buah yang memiliki warna mencolok sebaiknya jangan dimakan. Kecuali jika kita sudah mengetahui dan mengenal buah ataupun tanaman tersebut. Karena warna yang mencolok ini biasanya adalah perangkap dan biasanya juga mengandung racun.
Sebaiknya makanlah tanaman atau buah buahan yang warna nya tidak mencolok. Bahkan biasanya bauh yang atau tanaman yang bisa dimakan dihutan memiliki warna yang tidak menggairahkan.

3.Tumbuhan Atau Buah Yang Biasa Dimakan Hewan Liar
Ciri yang paling akurat untuk mengetahui bahwa tanaman atau buah tersebut bisa dimakan adalah dengan mengeceknya apakah hewan liar disitu juga memakan tanaman atau buah tersebut. Jika ada bekas gigitan atu kita melihat hewan liar memakannya makan bisa dipastikan bahwa tanaman atau buah tersebut juga aman jika kita konsumsi.

4.Tidak Memiliki Duri
Ciri dari buah dan tanaman yang dapat dimakan dihutan selanjutnya adalah buah tersebut tidak memiliki duri. Buah atau tanaman yang memiliki duri biasanya tidak bisa dimakan. Karena selain durinya berbahaya juga biasanya tanaman yang berduri itu juga memiliki racun didalamnya. Kecuali buah Durian. Hehehe

5.Tidak Berbulu
Ciri selanjutnya adalah tidak adanya bulu pada buah atau tanaman tersebut menandakan bahwa buah dan tanaman tersebut bisa dimakan. Jika kita menemukan buah atau tanaman yang memiliki bulu dihutan sebaiknya hindari karena bulu tersebut digunakan untuk melindungi diri atau pertahanan diri.

6.Bau Menyengat = Jangan Dimakan
Buah atau tanaman yang memiliki bau menyengat sebaiknya dihindari karena bisa saja memiliki racun yang terkandung didalamnya. Karena jika menciumnya saja sudah membuat hidung kita sakit bagaimana jika kita memakannya ??? Pasti akan menimbulkan penyakit yang lebih parah.

Ciri-Ciri Umum
  • Bagian tumbuhan yang masih muda ( pucuk/tunas)
  • Tumbuhan yang tidak mengandung getah
  • Tumbuhan yang tidak berbulu
  • Tumbuhan yang tidak berbau kurang sedap
  • Tumbuhan yang dimakan oleh hewan mamalia misal : kera
Langkah – langkah yang diperlukan apabila akan memakan tumbuhan :
  • Makan tumbuhan yang sudah dikenal
  • Makan jangan hanya satu jenis tumbuhan saja
  • Jangan memakan tumbuhan yang buahnya berwarna mencolok karena dikhawatirkan mengandung racun alkaloid`
  • Cara memakan buah-buahan yang belum kita kenal adalah dengan mengoleskan sedikit ke tangan tunggu reaksinya, apabila tidak ada rasa aneh (panas, pahit ) berarti cukup aman kemudian ke bibir, lidah dengan prosedur yang sama setelah itu di makan tunggu 30 menit apabila tidak ada reaksi berarti aman.
  • Sebaiknya masaklah terlebih dahulu bagian tumbuhan yang akan dimakan
  • Lebih baik jangan memakan jamur yang tidak di kenal karena kebanyakan jamur di hutan adalah dari jenis yang beracun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar