Ads Here

Sabtu, 20 Agustus 2016

Misi Visi Prioritas-Prioritas Strategis WOSM


Misi

“Misi Kepanduan adalah untuk berkontribusi terhadap pendidikan kaum muda melalui suatu sistem nilai yang berdasarkan Tri Satya dan Dasadarma guna membantu mewujudkan mewujudkan dunia yang lebih baik dimana penduduknya teraktualisasi diri sebagai individual serta memiliki peran konstuktif dalam masyarakat.”

Misi ini diadopsi dalam Konferensi Kepanduan Dunia/World Scout Conference ke-35 di Durban, Afrika Utara pada tahun 1999. Dengan menggambarkan baik dampak lokal maupun dampak global Kepanduan, Misi Kepanduan telah tersurat dalam brand Gerakan Kepanduan sebagai “Mewujudkan Dunia yang Lebih Baik.”

Visi

“Pada tahun 2023, Kepanduan akan menjadi gerakan terdepan edukasi kaum muda di dunia, yang memungkinkan 100 juta kaum muda untuk menjadi warganegara yang aktif menciptakan perubahan positif dalam komunitas mereka dan juga di dunia, berdasarkan nilai-nilai yang dianut bersama.”

Visi untuk Kepanduan, Visi 2023, diadopsi pada Konferensi Kepanduan Dunia/World Scout Conference ke-40 di Ljubljana, Slovenia pada tahun 2014.

Prioritas-Prioritas Strategis

Priotitas-prioritas Strategis di bawah ini diadopsi pada Konferensi Kepanduan Dunia/World Scout Conference ke-40 di Ljubljana, Slovenia pada tahun 2014.

Keterlibatan Kaum Muda

Kepanduan hendaknya memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mereka, yang nantinya akan membantu mereka dalam memainkan peranan yang aktif dalam Gerakan dan komunitasnya. Keterlibatan, pengakuan dan pertukaran antarganerasi merupakan kunci dalam mempersiapkan kerangka kerja bagi para anggota muda.

Metode Pendidikan

Program-program Kepemudaan hendaknya menghadirkan lingkungan pembelajaran non-formal yang memperkuat kapasitas kaum muda dalam menghadapi tantangan masa depan. Kepanduan haruslah merekrut, melatih serta mempertahankan anggota-anggota dewasa sukarela yang berkualitas guna melaksanakan Program-Program Pembinaan Anggota Muda.

Perbedaan dan Penyertaan

Kepanduan hendaknya bercermin pada komunitas-komunitas masyarakat dan bekerja secara aktif guna menerimamasing-masing individu tanpa adanya pembedaan. Keberagaman hendaknya tidak hanya tercermin dalam keanggotaan, melainkan juga metode-metode dan program-program yang digunakan dalam Gerakan.

Dampak Sosial

Setiap Pandu hendaknya terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan membagikan pengalaman-pengalaman mereka untuk menginspirasi yang lain. Melalui kegiatan-kegiatan dan program-program, Pandu berkontribusi terhadap komunitas mereka serta menjadi pemimpin perubahan positif.

Komunikasi dan Hubungan Eksternal

Profil kepanduan hendaknya menggambarkan secara akurat apa yang kita lakukan berikut mengapa kita melakukannya, yang mencerminkan nilai-nilai yang kita anut. Dengan menggunakan metode komunikasi yang paling berpengaruh serta terlibat dalam kemitraan yang relevan secara strategis, Pandu hendaknya diakui sebagai pergerakan kaum muda terdepan di dunia.

Tata Kelola

Tata kelola WOSM haruslah transparan, akuntabel, efisien dan secara jelas terhubung dengan strategi WOSM secara keseluruhan serta berfokus pada pencapaian misi dan misi Gerakan. Tugas dan tanggungjawab pada level-level organisasi yang berbeda harus ditetapkan dan dipahami secara jelas guna menjamin pendekatan yang berfokus pada pengguna. Dalam mewujudkan hal tersebut, kami menjamin sinergi tingkat tinggi antar semua level dalam WOSM dengan nilai “balik modal” yang tinggi.